Kerajinan besi

Nyoman

Profil Kisah Sukses

I Ketut Carma

Kerajinan besi

PMVD: PT Sarana Bali Ventura

“Bali penuh dengan kreasi, dimana karya-karya seni dan kerajinan tangan dari Bali tak pernah sepi diburu oleh para pecinta seni. I Ketut Carma jeli melihat peluang ini sehingga berani meninggalkan pekerjaannya untuk terjun menjadi wirausaha”

Ketutcarma2

I Ketut Carma melihat potensi kerajinan Bali, lalu mengembangkannya menjadi usaha kerajinan yang mampu merambah dunia di luar Bali, bahkan luar Indonesia. Dia adalah pengusaha dengan latar belakang pendidikan Sarjana Ekonomi dan pernah menjadi tenaga marketing selama beberapa tahun yang menjadi pengalaman berharga bagi dirinya. Hingga akhirnya pada tahun 1995, Carma memutuskan untuk membuat perusahaan sendiri yang bergerak di bidang kerajinan besi. Carma memulai usahanya dari sebuah gudang seluas 1000 meter persegi yang dijadikan workshop, terletak di Banjar Tanah Pegat, Desa Gubug, Kabupaten Tabanan.

ketutcarma3

Produk-produk kerajinan buatan Carma sebelumnya berupa iron handicraft (kerajinan berbahan besi) seperti : candle holder, frame, iron bowl, dan post stand. Perkembangan selanjutnya sesuai dengan selera dan kebutuhan pasar, produk yang dihasilkan yaitu berupa home accessories yaitu pernak-pernik

 

rumah yang memiliki nilai estetis.  Semua produk tersebut  diekspor ke Amerika Serikat dan Eropa. Dalam hal  produksi khususnya untuk pengadaan gerabah maupun kombinasi kerajinan berbahan kayu, Carma bekerjasama dengan produsen dan perajin di  Wilayah Solo,  Yogyakarta, dan Mataram.

 

Untuk mendukung pengembangan usahanya, Carma mengajukan fasilitas pembiayaan kepada PT. Sarana Bali Ventura (Bali Ventura) dimulai dengan plafond  Rp 75  juta pada tahun 1996. Selama 18 tahun bekerjasama dengan Bali Ventura, Carma telah menerima fasilitas pembiayaan mencapai Rp 1,1 milyar lebih. Pembiayaan tersebut sudah digunakan oleh Carma untuk membangun tempat workshop (yang awalnya kandang ayam), membangun tempat kerja, pembelian tempat workshop baru di Abiantuwung-Tabanan, pembelian gudang di Banjar Taman–Desa Gubug,  dan  pengembangan usaha rumah makan di daerah Abiantuwung-Tabanan. 

Copyright @ 2016 PT. BAV, All Rights Reserved