PT Chen Woo Fishery—Exportir Ikan Laut

Nyoman

Profil Kisah Sukses

Ferry Gunawan

PT Chen Woo Fishery—Exportir Ikan Laut

PMVD: PT Sarana Sulsel Ventura

“Dengan kejelian dan ketekunan yang luar biasa, Ferry berhasil membuktikan bahwa sumber daya laut Indonesia bisa sangat menghasilkan apabila dikelola dengan baik, sambil terus menjaga kelestarian biota laut yang ada”

 

ferry2Indonesia adalah negeri yang memiliki kekayaan hasil laut yang berlimpah ruah. Sebagai sebuah negeri dengan potensi kelautan yang luar biasa, tentunya sektor perikanan bisa menjadi lahan hidup yang sangat menjanjikan. Dan dari sanalah Ferry Gunawan dengan PT. Chen Woo Fishery mendapatkan peluang usaha di sektor perikanan laut.

 

Berawal dari pertemuannya dengan teman dari Korea Selatan saat Dia masih bekerja sebagai karyawan di sebuah bank swasta, muncullah peluang usaha untuk memasarkan ikan di Korea Selatan. Pangsa pasar perikanan di Korea Selatan sangatlah menjanjikan, karena pada dasarnya masyarakat Korea Selatan menyukai ikan. Usaha Ferry untuk mengekspor ikan ke Korea Selatan diawali dengan membeli ikan di sentra-sentra ikan, dengan volume pengiriman masih relatif kecil.

 

Melihat usaha ini terus mengalami peningkatan, Ferry pun memutuskan untuk keluar dari Bank tempat dia bekerja dan kemudian menekuni usaha ini secara serius. Untuk membesarkan usahanya, Dia terjun langsung ke beberapa tempat pendaratan ikan di Sulawesi Selatan, dan menyewa cold storage sebagai tempat penyimpan sementara sambil menunggu di ekspor ke Korea Selatan. Dengan standar kualitas yang dimilikinya, akhirnya Ferry berhasil  masuk ke pasar Jepang yang memiliki syarat yang ketat.

ferry3

Kendala muncul saat Ferry harus memenuhi semua standar yang telah ditentukan untuk memasuki pasar Jepang dengan volume yang lebih besar seperti meningkatkan fasilitas dan tingkat kebersihan pengolahan ikan tersebut sehingga membutuhkan dana investasi untuk mendukungnya. Di saat pihak perbankan belum berani membiayai usaha Ferry tersebut, pada tahun 2002 PT. Sarana Sulsel Ventura (Sulsel Ventura) berani memberikan dukungan dana sebesar Rp 1 Milyar yang digunakan untuk menyewa 1 unit area pengolahan ikan. Hingga tahun 2008 total pembiayaan yang telah diterima Ferry dari Sulsel Ventura sebesar Rp 7,75 Milyar.

 

Saat ini PT. Chen Woo Fishery telah memiliki 2 pabrik di komplek industri Kima di Makassar dan 1 pabrik lagi di Manado. Untuk menjalankan 3 pabriknya itu, Ferry mempekerjakan 29 karyawan dan 275 pekerja pabrik. Berbekal pengalamannya bermain di pasar Asia Timur saat ini Ferry sedang mempersiapkan diri untuk memasuki pasar Uni Eropa. 

Copyright @ 2016 PT. BAV, All Rights Reserved