Angkasa Pura II dan BAV Jalin Kerjasama Gulirkan Rp 29 miliar Dana PKBL

Jakarta – PT Angkasa Pura II (AP II) menyalurkan Dana PKBL Program Kemitraan sebesar Rp 29 miliar bekerjasama dengan PT Bahana Artha Ventura (BAV) sebagai anak perusahaan PT. Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero). Penandatanganan Perjanjian Kerjasama penyaluran dana tersebut dilaksanakan di Jakarta, Jumat (4/12/2015).


Director of Finance PT Angkasa Pura II (Persero) Andra Y. Agussalam mengatakan, “Salah satu semangat dari penyaluran dana Program Kemitraan ini adalah bahwa AP II selaku pengelola 13 bandara di kawasan Barat Indonesia merasa perlu berperan dalam program pemberdayaan masyarakat guna membantu pertumbuhan perekonomian daerah di mana bandara-bandara tersebut beroperasi.”


“Kami berharap dana tersebut dapat menopang usaha mikro, kecil, dan menengah, sehingga juga berdampak kepada meningkatnya perekonomian masyarakat,” tambah Andra Y. Agussalam.


Adapun Dana Program Kemitraan AP II sebesar Rp 29 Miliar tersebut disalurkan oleh BAV melalui 13 jaringan usaha Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD) yaitu :

  1. PT Sarana Bengkulu Ventura
  2. PT Sarana Bali Ventura
  3. PT Sarana Sulut Ventura
  4. PT Sarana Sutra Ventura
  5. PT Sarana Lampung Ventura
  6. PT Sarana Kalsel ventura
  7. PT Sarana Sulsel Ventura
  8. PT Sarana Jatim ventura
  9. PT Sarana Kalteng Ventura
  10. PT Sarana Sulteng Ventura
  11. PT Sarana Jateng Ventura
  12. PT Sarana Surakarta Ventura
  13. PT Sarana NTB Ventura

 

BAV pionir dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia yang mempunyai jaringan terbesar di Indonesia yang terdiri dari 27 PMVD dari Aceh hingga Papua. Hingga akhir tahun 2015/2016 BAV optimis dapat menyalurkan dana Program Kemitraan mencapai Rp 40 milyar.

 

“Sinergi penyaluran dana PKBL Program Kemitraan AP II dan BAV telah berjalan 7 tahun. Kami berharap kedepan BAV akan terus memaksimalkan pengelolaan dan perguliran dana-dana murah yang ditujukan untuk sektor UMKM dengan berpatokan pada penerapan prinsip-prinsip prudentiality dan Good Corporate Governance” jelas Andi Buchari, Direktur Utama BAV.

 

Sejauh ini BAV dan PMVD telah menjadi penyalur dana PKBL Program Kemitraan yang terpercaya karena kolektibilitas pembayaran kredit baik dan lancar dengan Non Performing Investment (NPI) 0%. Kami benar-benar memastikan calon penerima merupakan para pelaku UMKM atau perusahaan pasangan usaha (PPU) yang bersungguh-sungguh, berintegritas, dan mempunyai kinerja yang baik tambah Andi.

 

Per Desember 2015, BAV dan 27 PMVD anak usaha BAV yang tersebar di 27 propinsi seluruh Indonesia, memiliki 55.455 PPU dengan penyerapan tenaga kerja sekitar 2,1 juta orang dengan akumulasi total dana yang telah digulirkan sebesar Rp 9 T.

 

Andi berharap, penyaluran dana BAV bisa dimanfaatkan oleh para perusahaan pasangan usaha UMKM di seluruh jaringan BAV dan PMVD untuk membiayai pengembangan usaha mereka di berbagai sektor, termasuk usaha start up sejalan dengan program financial inclusion pemerintah.

 

BAV kedepan akan terus menjalin kerjasama dan sinergi dengan berbagai pihak, baik BUMN maupun swasta dalam program ini, sehingga diharapkan dapat ikut mendukung program pemerintah dalam pemberdayaan UMKM, membuka kesempatan kerja dan mengembangkan kewirausahaan.

 

Sumber : polbis.co

Copyright @ 2016 PT. BAV, All Rights Reserved