PT Bahana Artha Ventura Targetkan Tumbuh 15%

GIANYAR - PT Bahana Artha Ventura (BAV), anak perusahaan PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) menargetkan tumbuh minimal 15% secara konservatif pada tahun berikutnya.

 

Andi Buchari, President Director PT BAV mengatakan dana yang dikelola BAV sendiri secara akumulasi hampir Rp10 triliun per 2015 ini dan mencakup sekitar 58.000 UMKM di seluruh Indonesia melalui 27 jaringan yang ada di daerah.

 

"Kami percaya UMKM akan terus tumbuh apapun kondisi ekonomi karena bahan bakunya lokal dan industri kreatif. Selalu ada peluang untuk UMKM," cetusnya saat melakukan kunjungan ke salah satu UMKM yang mendapatkan bantuan dana dari pihaknya di kawasan Sukawati, Kamis (4/6/2015).

 

Menurutnya seperti di Bali sangat berkembang industri kreatifnya dan mempunyai potensi terus tumbuh menjadi perusahaan besar serta banyak dengan mempunyai produk kualitas ekspor.

 

"Kami juga ingin mendorong industri berbasis kreatif, padat karya, dan kualitas ekspor. Tiga kriteria itu kami ambil contoh supaya menular ke UMKM yang lain bahwa jika memang punya spirit kami akan dorong dan siap membantu," tegasnya. Dia menambahkan, pihaknya ingin pemerintah sekarang selalu mendukung UMKM dan pihaknya juga siap menjadi sarana pemerintah untuk pemberdayaan UMKM di Indonesia. "Karena UMKM bisa membuka lapangan kerja dan membantu ekonomi daerah," jelasnya.

 

Dia mengemukakan, saat ini yang menjadi kendala BAV adalah sulit untuk mendapatkan dana murah. Padahal untuk memperluas cakupan pembiayaan diperlukan jumlah dana atau permodalan yang lebih besar.

 

"Saat ini kami sedang mengupayakan untuk memperkuat atau menambah permodalan agar bisa membantu lebih banyak UMKM agar bisa bertumbuh dan berkembang serta membantu pertumbuhan ekonomi daerah," paparnya.

 

Made Gunawirawan, Direktur Utama PT Sarana Bali Ventura, salah satu perusahaan modal ventura daerah BAV mengungkapkan hingga sekarang pihaknya telah membantu pembiayaan lebih dari 1.507 UMKM dan berharap dapat bertambah lagi sekitar 200 UMKM tahun depan.

 

"Kami terus mendorong para UMKM untuk tumbuh dan berkembang dengan semakin mendekatkan diri pada nasabah," ungkapnya. Dia menyatakan, kinerja laba PT Sarana Bali Ventura pada 2014 naik 22,39% dan nilai total aset juga naik 9,23%.
"Pada 2015 ini kami menargetkan penyaluran pembiayaan kepada UMKM senilai Rp15,66 miliar," tegasnya.

 

Pertumbuhan ekonomi Bali melalui UMKM, lanjutnya, perlu perhatian dari banyak pihak. Salah satunya dari program pembiayaan dan pendampingan usaha, khususnya UMKM yang belum mendapatkan fasilitas pembiayaan dari bank. PT Bahana Artha Ventura dan PT Sarana Bali Ventura juga melakukan kunjungan secara periodik setahun sekali pada UMKM yang telah menjadi nasabahnya seperti CV Mutiara Internasional di Tabanan, UD Parisuda di Abiansemal, Badung, dan UD

 

Danaswari di Sukawati untuk melihat perkembangan serta mendapingi UMKM yang telah menjadi binaannya.

 

Sumber : bisnis.com

Copyright @ 2016 PT. BAV, All Rights Reserved